16-19 Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Pokok Bahasan Suhu dan Kalor

Author: 
Nurlailah
Yuli Prihatni
Puji Hariati Winingsih
Abstrak: 

 Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan serta mengukur respon siswa terhadap Lembar Kegiatan Siswa (LKS) fisika berbasis inkuiri terbimbing pokok bahasan suhu dan kalor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development dengan menggunakan delapan  tahapan. Uji kelayakan LKS menggunakan angket skala likert dengan divalidasi oleh tiga validator. Uji keterbacaan LKS dilaksanakan di SMA Negeri 2 Banguntapan dan diperoleh produk berupa LKS Fisika berbasis inkuiri terbimbing pokok bahasan suhu dan kalor dengan skor rata-rata validator 3,63 yang masuk dalam kategori Sangat Baik (SB) dan rata-rata skor respon siswa 3,04 yang masuk dalam kategori Baik (B).