139-141 Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Pendekatan Keterampilan Proses dalam Pokok Bahasan Usaha dan Energi

Author: 
Ima Ismiati
Hidayati
Sunarto
Abstrak: 

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) dengan pendekatan keterampilan proses dalam pokok bahasan usaha dan energi yang layak digunakan sesuai hasil validasi dan angket siswa. Metode yang digunakan adalah research and development yang dikembangkan oleh Sugiyono yang meliputi beberapa tahapan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data dan informasi, desain produk LKPD, revisi 1 desain LKPD oleh validator, validasi LKPD, revisi LKPD tahap 2, ujicoba LKPD, revisi desain LKPD tahap 3 dan produk akhir. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan penskoran. Hasil yang diperoleh bahwa penilaian validator LKPD dikategorikan sangat baik dengan skor rerata 3,35 dan dikategorikan setuju berdasarkan angket respon siswa dengan dengan skor rerata 3,20, sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD dengan pendekatan keterampilan proses dalam pokok bahasan usaha dan energi layak digunakan.