135-137 Pengaruh Penggunaan Strategi Metakognitif Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa

Author: 
Kamaluddin
Dwi Sulisworo
Abstrak: 

 Pada penelitian ini, dilaksanakan di SMA N 2 Woha, kelas yaang dijadikan tempat penelitian adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelompok kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagi kelompok eksperimen. Pada penelitian yang diharapkan adalah penguasaan konsep. Rancangan penelitian mengikuti desain factorial dengan pretest dan posttest. Terdapat dua kelompok siswa, yaitu kelompok esperimen dan kelompok kontrol, mengikuti pembelajaran dengan materi, tujuan, sumber belajar dan guru yang sama. Pelaksanaan pembelajaran berbeda dalam hal metode yang digunakan. Kelompok pertama sebagai kelompok eksprimen melaksanakan pembelajaran dengan strategi metakognitif, sedangkan kelompok kedua atau kelompok kontrol melaksanakan pembelajaran dengan metode diskusi. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan  hasil  belajar fisika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada  taraf signifikansi 5% dengan diperoleh thitung = 2,08 dan ttabel= 2,00. Karena thitung > ttabel atau 2,08 > 2,00 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti bahwa penggunaan strategi metakognitif berpengaruh terhadap penguasaan konsep fisika siswa.