131-134 Analisis Instrumen Tes Diagnostik Kognitif Pada Mata Pelajaran IPA

Author: 
Yuli Prihatni
Abstrak: 

 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik instrumen diagnostik kognitif pada mata pelajaran IPA materi kalor berdasarkan learning continuum. Analisis data secara kuantitatif pada 28 butir soal yang dikembangkan menggunakan program Quest, dan Program M Plus. Analisis dengan program Quest diperoleh 27 butir soal yang fit yang berada dalam garis vertikal atau memiliki infit MNSQ diantara 0,77 sampai dengan 1,30. Instrumen memiliki nilai rata-rata infit MNSQ 1,01 dengan simpangan baku 0,09. Nilai reliabilitas instrumen sebesar 0,74.  Analisis dengan program M Plus menggunakan nilai entropy.  Nilai entropy 1 berarti seluruh peserta tes diklasifikasikan secara tepat (Good fit) ke dalam kelasnya. Nilai entropy 0 berarti semua peserta tes memiliki peluang sama diklasifikasikan ke dalam semua kelas (poor fit). Dari 7 buah Q matrik yang tersusun masing-masing nilai entropynya yaitu, Q1= 0,636; Q2=0,566; Q3=0,757; Q4=0,696; Q5=0,516; Q6=0,812 dan Q7=0,472.