127-130 Penerapan Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Universal Design for Learning (UDL) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Di Sekolah Inklusi Pada Materi Tekanan Zat Cair

Author: 
Yohanes Freadyanus Kasi
Didi Teguh Chandra
Hernani
Abstrak: 

 Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penerapan metode Universal Design for Learning (UDL) terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa dalam pembelajaran IPA-Fisika pada materi tekanan zat cair di sekolah inklusi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian randomized pretest-posttest kontrol group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII D sebagai kelas kontrol dan Kelas VIII E sebagai kelas eksperimen di salah satu SMP inklusi di Kota Kupang dengan teknik random sampling. Data berdistribusi normal dan tidak homogen, maka analisis uji hipotesis menggunakan statistic parametrik independent Sample t-Test menggunakan program SPSS versi 22.0. Rata-rata nilai pretes pada kelas eksperimen adalah 37,2 sedangkan pada kelas kontrol adalah 33,2, Setelah dilakukan proses pembelajaran, kelas eksperimen peroleh rata-rata postes 77,3 dan kelas kontrol memperoleh rata-rata postes 41,0. Peningkatan belajar dapat dilihat dari rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen 0,63 kategori sedang dan pada kelas kontrol 0,11 kategori rendah. Uji statistik menunjukkan nilai signifikansi N-Gain pada Sig. (2-tailed) 0,000<0,025 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan penguasaan konsep antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Disimpulkan bahwa metode UDL meningkatkan penguasaan konsep siswa secara lebih baik dibandingkan dengan metode diskusi di sekolah inklusi.