pemahaman konsep

443-446 Pengaruh Pembelajaran Fisika Melalui Model Pembelajaran CLIS (Children’s Learning In Science) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Siswa SMK Negeri Tembarak Kabupaten Temanggung

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui pembelajaran CLIS (Children’s Learning In Science) berpengaruh terhadap peningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa SMK Negeri Tembarak. Data dianalisis dengan mereduksi dan mempersentase data. Hasil penelitian adalah keterlaksanaan model pembelajaran CLIS pada siklus I yaitu 83,13% dan pada siklus II yaitu 90,00% dengan peningkatan sebesar 6,87%. Motivasi belajar pada siklus I yaitu 50,45 dan pada siklus II yaitu 71,12 dengan peningkatan sebesar 20,67.

Peningkatan Pemahaman Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Krangkeng pada Materi Gerak Harmonis Sederhana Melalui Media Virtual Lab

Virtual Laboratory (Virtual Labs) adalah perangkat lunak komputer berbasis multimedia interaktif yang dapat mensimulasikan kegiatan di laboratorium seperti pada kondisi laboratorium sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran menggunakan media Virtual Lab untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi gerak harmonis sederhana. Pembelajaran melalui media Virtual Lab dilakukan dengan cara demonstrasi menggunakan software PhET Mass Spring Lab.

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak di Kelas X SMA Negeri 3 Ciamis Tahun Pelajaran 2014/2015

Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada konsep Hukum Newton tentang Gerak di kelas X SMA Negeri 3 Ciamis Tahun Pelajaran 2014/2015. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah 35 siswa kelas X MIA 4 SMA Negeri 3 Ciamis Tahun Pelajaran 2014/2015.

Pengaruh Model Problem Solving dan Scaffolding Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas XI IPA

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pemahaman konsep (PK) antara kelompok siswa yang: 1) mengikuti model Problem Solving (MPS) dan Konvensional (MPK); 2) menggunakan conceptual scaffolding (CS) dan metacognitive scaffolding (MS); serta (3) menganalisis pengaruh interaksi antara model pembelajaran (MP) dan scaffolding (SF) terhadap pemahaman konsep. Penelitian ini berupa eksperimen semu dengan rancangan faktorial pretest-posttest nonequivalent control group design.

Pages