motivasi belajar

443-446 Pengaruh Pembelajaran Fisika Melalui Model Pembelajaran CLIS (Children’s Learning In Science) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Siswa SMK Negeri Tembarak Kabupaten Temanggung

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui pembelajaran CLIS (Children’s Learning In Science) berpengaruh terhadap peningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa SMK Negeri Tembarak. Data dianalisis dengan mereduksi dan mempersentase data. Hasil penelitian adalah keterlaksanaan model pembelajaran CLIS pada siklus I yaitu 83,13% dan pada siklus II yaitu 90,00% dengan peningkatan sebesar 6,87%. Motivasi belajar pada siklus I yaitu 50,45 dan pada siklus II yaitu 71,12 dengan peningkatan sebesar 20,67.

Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Ditinjau Dari Motivasi Belajar dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII SMP N 1 Temanggung

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE ditinjau dari motivasi belajar dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran POE melibatkan peserta didik untuk mendiskusikan dan memprediksi hasil demonstrasi, mengamati demonstrasi dan menjelaskan ketidaksesuaian antara prediksi dan pengamatan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMP N 1 Temanggung Tahun Pelajaran 2013/2014, dengan sample penelitian yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G sebagai kelas kontrol.

Efektivitas Pemanfaatan Media Pembelajaran Animasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa Madrasah Aliyah Negeri Wonosobo

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri Wonosobo pada materi Gerak Melingkar melalui media animasi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen murni, dengan subjek penelitian 2 kelas paralel sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitiannya berupa angket dan tes. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif.

Kontribusi Motivasi Belajar dan Penggunaan Sumber Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Kognitif Pada Materi Listrik Dinamis Kelas X SMA

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya kontribusi yang signifikan antara motivasi belajar siswa dan penggunaan sumber belajar siswa terhadap kemampuan kognitif fisika siswa pada siswa Kelas X SMA Negeri I Polokarto di tahun ajaran 2011/2012. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X berjumlah 197 siswa dan sebagai sampel 39 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan teknik Cluster Random Sampling.