akuisisi data

Pemantauan Kemiringan Gedung dan Bangunan Fisik dengan Menggunakan Sensor Akselerometer ADXL335

Penelitian berbasis kerja laboratorium dan lapangan ini mengembangkan sensor akselerometer untuk memantau kemiringan gedung dan bangunan fisik. Kemiringan gedung dan bangunan fisik diamati dengan menggunakan sistem akusisi data dengan memanfaatkan sensor akselerometer ADXL335. Sistem akusisi data yang digunakan adalah mikrokontroler Arduino 328 Pro-Mini dengan tambahan sensor suhu tipe LM35DZ dan IC RTC DS1307 sebagai timer yang dipasang pada board akusisi data. Bentang derajat ukur yang mampu dibaca oleh sensor adalah sebesar 360° searah putaran jarum jam dan kebalikannya.

Pembuatan Perangkat Lunak Sistem Akuisisi Data Perangkat Tungku Suhu Tinggi untuk Monitoring Proses Grafitisasi

Telah dilakukan kegiatan pembuatan perangkat lunak sistem akuisisi data perangkat tungku suhu tinggi untuk monitoring suhu grafitisasi. Kegiatan dilakukan sebagai tindak lanjut dari rencana pengoperasian perangkat tungku suhu tinggi yang akan dioperasikan sampai dengan 2500 °C. Berdasarkan catatan harian pengoperasian perangkat tungku suhu tinggi diketahui bahwa laju alir air pendingin 12 liter/menit, suhu tertinggi selama pengoperasian adalah 2000 °C dan suhu air pendingin keluar sistem pendingin tidak lebih dari 50 °C.

Pengujiaan dan Pengembangan Akuisisi Data Extensometer Untuk Monitoring Kondisi Lereng

Bencana tanah longsor merupakan bencana alam yang cukup sering terjadi di Indonesia dimana yang tidak jarangmemakan korban baik jiwa maupun harta dalam jumlah yang tidak sedikit. Tanah longsor adalah peristiwa gerakan tanahatau batuan dalam jumlah massa tertentu dengan berbagai tipe dan jenis seperti longsoran translasi, longsoran rotasi, danrayapan tanah. Tanah longsor dapat terjadi jika gaya pendorong pada lereng lebih besar dari gaya penahan.