Prosiding Pertemuan Ilmiah XXVII HFI DIY & Jateng

Prosiding Pertemuan Ilmiah (PI) ke XXVII Himpunan Fisika Indonesia (HFI) Cabang Jawa-Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini berisikan makalah-makalah yang disajikan dalam Seminar Nasional HFI cabang Jawa Tengah - DIY 2013 di Universitas Sebelas Maret (UNS) 23 Maret 2013 dengan tema “INNOVATION SYNERGY FOR IMPROVING NATIONAL COMPETITIVENESS”. Seminar Nasional kali ini diselenggarakan dalam rangkaian peringatan Dies Natalis ke 37 UNS. Ada tiga pembicara utama yaitu Prof Yun Seon Ryu dari Bruel & Kjaer, Denmark, Dr. Eng. Anto Satriyo Nugroho dari Pusat Teknologi Kommunikasi dan Informasi, BPPT dan Nuryani Ph.D dari MIPA Fisika Universitas Sebelas Maret serta satu Presentasi Industri oleh PT Berca Hardaya.

Pada pertemuan ini disajikan pula 104 makalah yang terbagi dalam 8 kelompok yaitu 1. Fisika Teori (T), 2. Fisika Material (M), 3. Fisika Elektronika dan Instrumentasi (I), 4. Geofisika (G), 5. Fisika Komputasi (C), dan 6. Fisika Akustik dan Optik (A), 7.Fisika Medis dan Nuklir dan 8. Pendidikan Fisika (P), yang telah disajikan dalam sidang paralel. Peserta dan penyaji makalah berasal dari peneliti bidang Fisika dan bidang-bidang terkait, dosen, guru, praktisi pendidikan dan umum dari LIPI, BATAN, LAPAN, UNDIP, UNPAD, UNNES, UN Yogyakarta, UN RIAU, FKIP UNCEN Jayapura, UKP Bandung, UIN Yogyakarta, UPI Bandung, UGM, UNS, USD, UAD, IPB, UNSOED, Universitas Mataram, SMAN 2 Kebumen, dan UKWM Surabaya.

Makalah yang disajikan diterbitkan dalam Prosiding Pertemuan Ilmiah XXVII HFI Jateng & DIY, JFI (Journal Fisika Indonesia) yang diterbitkan oleh Jurusan Fisika FMIPA-UGM, dan IJAP (Journal of Applied Physics) yang diterbitkan oleh Jurusan Fisika UNS. Makalah tersebut telah melewati penyuntingan kembali dan ditulis berdasarkan format template yang telah disepakati antara panitia penyelenggara dan tim editor. Penerbitan prosiding ini dilakukan pasca disajikan oleh para pemakalah dengan menambahkan tanya-jawab yang muncul saat persidangan .

Keberhasilan PI XXVII merupakan hasil kerja keras seluruh anggota panitia penyelenggara dengan dukungan penuh instansinya dan seluruh warga HFI Jateng & DIY. Panitia penyelenggara yang terdiri dari anggota HFI maupun staf UNS telah berhasil dengan baik mempersiapkan dan menyelenggarakan pertemuan ilmiah ini.

Kepada para penceramah, penyaji makalah, peserta pada umumnya, serta semua pihak yang telah berperan-serta dalam seluruh acara PI XXVII ini, diucapkan banyak terima kasih. Mudah-mudahan hasil yang diterbitkan semuanya dapat bermanfaat, menambah sinergi dalam meningkatkan daya saing nasional melalui bidang fisika dan pendidikan fisika.

Tempat: 
Solo
Waktu: 
Saturday, March 23, 2013
Pemakalah Utama: 
Prof. Yun Seon Ryu: Bruel & Kjaer, Denmark
Dr. Eng. Anto Satriyo Nugroho: Pustek Komunikasi dan Informasi BPPT
Nuryani, Ph.D: Jurusan Fisika FMIPA UNS
Publikasi Makalah: