Prosiding Pertemuan Ilmiah XXIX HFI DIY & Jateng

Prosiding Pertemuan Ilmiah (PI) ke XXIX Himpunan Fisika Indonesia (HFI) Jateng & DIY ini berisikan makalah-makalah yang disajikan dalam Seminar Nasional HFI Jateng & DIY 2014 di Universitas Sanata Dharma (USD) 25 April 2015 dengan tema “ Peran Pendidikan dan penelitian Fisika untuk mewujudkan masyarakat yang bermartabat”. Pada penyelenggaraan seminar ada dua pembicara utama yaitu Prof. Hyeonsik Cheong dari Department of Physics, Sogang University, Seoul, Korea dengan judul Physics and Applications of Graphene and 2-Dimensional Materials dan Drs T Sarkim, Ph.D dari Pendidikan Fisika, Universitas Sanata Dharma (USD), Yogyakarta dengan judul Pedagogical Content Knowlegde : Sebuah Konstruk untuk Memahami Kinerja Guru di Dalam Pembelajaran.
Pada seminar ini diajukan 178 makalah setelah melalui proses reviu diterima untuk disajikan 159 makalah. Tidak semua pemakalah hadir untuk mempresentasikan makalahnya, ada 15 makalah yang tidak dipresentasikan. Makalah terbagi dalam 11 kelompok fisika telah disajikan dalam sidang paralel yaitu (1) Biofisika dan Medis, (2) Atom, Molekul dan Inti, (3) Bumi , Meteorologi dan Atmosfer, (4) Eksperimental, (5) Energi dan Lingkungan, (6) Instrumentasi dan Elektronika, (7) Komputasi, (8) Teori, (9) Zat Padat, Material dan Nanoteknologi (10) Opto Elektronika dan yang terakhir (11) Pendidikan.
Peserta dan penyaji makalah berasal dari peneliti, dosen, guru, mahasiswa, praktisi pendidikan dan umum dari UGM, BAPETEN, RSUD Sumbawa, RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, Univ. Sebelas Maret, BATAN, LAPAN, Akademi Maritim Nusantara Cilacap, Puslitbang BMK, ITS, UN Malang, UN Makasar, UNDIP, USD, UAD, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, UNPAD, Univ. Mataram, ITI Serpong, Univ. Cendrawasih, UNSOED, LIPI, Univ. Jember, UPI, UNY, Univ. Pendidikan Ganesha, Univ. Flores, SMA N 1 Klaten, SMA N 2 Sampit, SMA N 1 Temanggung, SMA N 8 Purworedjo dan SMA N 2 Kebumen.
Makalah tersebut ditulis berdasarkan format template yang telah disepakati antara panitia penyelenggara dan tim editor, dan telah melalui seleksi oleh tim penilai. Penerbitan prosiding ini dilakukan pasca disajikan oleh para pemakalah dengan menambahkan tanya-jawab yang muncul saat persidangan .
Keberhasilan PI XXIX merupakan hasil kerja keras seluruh anggota panitia penyelenggara dengan dukungan penuh instansinya dan seluruh warga HFI Jateng & DIY. Panitia penyelenggara yang terdiri dari anggota HFI maupun staf USD telah berhasil dengan baik mempersiapkan dan menyelenggarakan pertemuan ilmiah ini.
Kepada para penceramah, penyaji makalah, peserta pada umumnya, serta semua pihak yang telah berperan-serta dalam seluruh acara PI XXIX ini, diucapkan banyak terima kasih.

Tempat: 
Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta
Waktu: 
Saturday, April 25, 2015
Pemakalah Utama: 
Prof. Dr. Hyeonsik Cheong : Department of Physics, Sogang University, Seoul
Drs. T. Sarkim, Ph.D.: Pendidikan Fisika, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta
Publikasi Makalah: