Aspek Kearifan Lokal untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fisika

Author: 
Suparwoto
Abstrak: 

Pembelajaran melibatkan aspek seni, IPTEK dan nilai/value dan implementasi kearifan lokal mengintegrasikanketiga hal tersebut. Tentu tidak semua nilai kearifan lokal dapat diimplementasikan dalam pembelajaran, oleh karena ituhanya dipilih aspek tertentu yang mengait dengan budaya keilmuan. Untuk maksud itu diperlukan wahana yang mendukungsistem nilai yang dianut oleh masyarakat sekitar. Bagi masyarakat Jawa tentunya nilai yang bersumber dari budaya jawa adadalam konteks pembelajaran fisika dan aspek kearifan lokal dapat dikembangkan lewat pembelajaran yang partisipatif aktif,inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Cara yang ditempuh adalah mengubah peran guru yang indokrinatif menjadiperan sebagai fasilitator dan teladan serta memiliki komitmen dan empati yang kuat untuk mengembangkan karakter danmemajukan peserta didik. Disinilah perlunya pengembangan kultur sekolah yang mengintegrasikan budaya keilmuan denganbudaya setempat. Tujuan akhirnya adalah munculnya keunggulan lokal yang dapat berkontribusi pada ranah nasional danbahkan global.